Sebening Hati

Maafkanlah…,Itu Lebih Utama

Posted by Qandyas pada 15 April 2009

Dalam kehidupan ini tak seseorangpun yang tak akan lepas dari salah. Ketika salah maka wajib meminta maaf, dan wajib pula kita untuk memaafkan. Perkataan maaf adalah sesuatu yang sangat mudah dilafazkan dengan lisan namun sangat berat dibuktikan dengan perbuatan. Tetapi memaafkan orang lain itu jauh lebih mulia dan utama disisi Allah. Sikap suka memaafkan adalah sifat dari semua Rasul utusan Allah Swt. Sesungguhnya pemaaf adalah salah satu sifat yang dimiliki oleh orang-orang yang bertaqwa. Dengan perkataan lain ketaqwaan seseorang juga boleh dilihat sejauhmana dia mempunyai sikap pemaaf. Sesungguhnya Allah Swt menyifatkan orang yang suka memaafkan sesama manusia itu sebagai orang yang bertaqwa dan suka melakukan perbuatan Ihsan. Firman Allah dalam surat Ali Imron menyatakan :


“ Dan segeralah kamu kepada (mengerjakan amal-amal yang baik untuk mendapat) ampunan dari Tuhanmu, dan kepada syurga yang luasnya seluas langit dan bumi, yang disediakan bagi orang-orang yang bertaqwa, yaitu orang-orang yang menafkahkan hartanya baik pada waktu senang dan susah, dan orang-orang yang menahan amarahnya, dan orang-orang yang memaafkan kesalahan orang. Dan ingatlah, Allah mengasihi orang yang berbuat kebajikan (Ihsan). (Qs. Ali Imran :133-134).
Dalam ayat lain Allah berfirman: “…dan hendaklah mereka memaafkan dan berlapang dada. Apakah kamu tidak ingin bahwa Allah mengampunimu? Dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS. An Nuur :22)

Sahabat.. ketika kita bisa memaafkan kesalahan orang lain terasa sejuk hati ini. Kita bisa merasakan betapa hidup didunia ini saling bersaudara, saling membutuhkan dan tidak ada yang sempurna. Semuanya tidak ada yang luput dari salah dan kekhilafan. Begitu pula diri ini dihadapan Allah, untuk itu kita dapat saling mendo’a kan agar selamat dan bahagia di dunia serta di akhirat kelak. Amin

Sesuatu terjadi karena kehendak Allah dan tidak terjadi pun karena Allah.

Waullahu A’lam bishsowab.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: