Sebening Hati

Hikmah Shalat Jum’at

Posted by Qandyas pada 27 Maret 2009

Bismillahirohmanirrohim..

Melaksanakan shalat Jum’at adalah wajib bagi setiap Muslim laki-laki. Didalam Al-Quran Allah,SWT menyeru bagi orang yang beriman :

” Hai orang-orang yang beriman, apabila diseru untuk menunaikan shalat pada hari jum’at, maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.” (Al Jum’ah: ayat 9)

Dari ayat ini saya coba renungkan 2 (Dua) hikmah dari shalat jum’at tersebut :

1. Berjamaah.

Melakukan shalat jum’at haruslah dilaksanaakan dengan berjamaah dan tidak sah jika dilakukan dengan sendiri. Ini adalah salah satu simbol persatuan sesama umat Islam dengan berkumpul bersama, beribadah bersama yang didalamnya terdapat ceramah agama yang banyak mengandung nilai-nilai kerohanian untuk saling mengingatkan dan menasehati didalam takwa kepada Allah Swt. Para jamaah saling mengisi, memenuhi dan merapatkan barisan shaf shalatnya mulai dari yang terdepan sampai yang terbelakang dengan rapi. Di dalam Shalat berjamaah kita diajarkan tidak lagi memandang pangkat, derajat, kaya ataupun miskin. Tidak membedakan lagi orang yang akan berada disamping kiri, kanan, depan dan belakang kita. Semua sama dengan niat tujuan yang satu yaitu beribadah menyembah kepada Allah.

2. Mengajarkan untuk selalu Ikhlas.

Apakah pernah terfikirkan ketika kita akan melaksanakan shalat jum’at berjamaah tentang siapa imamnya atau siapa khatibnya, tidak melihat dari golongan mana yang nanti shalatnya disamping kita. Pada saat bekerja dikantor misalnya, diberikan waktu istirahat sekitar pukul sebelas , disekolah mengijinkan pulang murid-muridnya pukul sebelas. Lalu mereka berbondong-bondong menuju ke masjid untuk melakukan shalat Jum’at berjamaah. Padahal kalau dipikir toh tidak ada yang tahu baik pimpinan perusahaan maupun guru disekolah kalau kita melaksanakan shalat jum’at ataupun tidak. Tetapi dengan kesadaran sendiri kita berangkat ke masjid untuk menunaikan kewajiban kita ( dengan Ikhlas tentunya).

Semoga Allah senantiasa memberikan Taufik dan Hidayah Nya kepada kita semua untuk selalu tetap Istiqomah serta berharap ampunan dan ridho Nya. Amin..

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: